Sambut Turun Sawah, Masyarakat Tani Pangkep Gelar Tudang Sipulung di Balla Lompoa Labakkang

Sambut Turun Sawah, Masyarakat Tani Pangkep Gelar Tudang Sipulung di Balla Lompoa Labakkang
Tudang Sipulung sambut turun Sawah di Balla Lompoa Labakkang

PANGKEP - - Ribuan warga berkumpul ikut meramaikan Tudang Sipulung tahun 2021 Kecamatan Labakkang di Balla Lompoa, Kalompoang Kelurahan Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, Selasa 16 November 2021.

Acara yang berlangsung hikmat dan Semarak tersebut diikuti oleh jajaran Pemerintah Kecamatan Labakkang, para Lurah dan Kepala Desa, para turunan ahli waris raja-raja se Kecamatan Labakkang serta warga masyarakat Labakkang dan sekitarnya.

Tudang sipulung itu sendiri merupakan bagian dalam rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan mappalili yang akan dilangsungkan kan besok harinya setelah salat subuh.

Hadir Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, segenap Forkopimda dan perwakilannya, para OPD Pemkab Pangkep. Juga hadir mantan Ketua Muda Mahkamah Agung Republik Indonesia A. Syamsul Alam Karaeng Timu, SH, MH.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya kali ini kegiatan diikuti oleh para raja serumpun yang masih memiliki hubungan kekerabatan dekat antaranya Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Dg Sila Karaeng Lembang Parang, Raja Kerajaan Balusu Kab. Barru Andi Tenri Sau Puang Sineang Batara, SH, Raja banggae mandar Sulbar Hj. Andi Anggraeni Tamalele, perwakilan Karaengta Barombong Kerajaan Takalar Andi Maskur Dg. Nai.

Dalam kesempatan tersebut bupati Bupati Pangkep Muhammad Yusran lalogau menyampaikan sedikit selayang pandang dikenal dengan tiga dimensi.

Bupati Pangkep Yusran mengatakan, bagaimana budaya kita bisa dilestarikan jangan dijadikan budaya ini hanya milik orang tua kita namun bagaimana generasi-generasi muda khususnya di kecamatan-kecamatan yang melaksanakan mappalili ini adalah milik mereka juga, maka dari itu kita akan gunakan beberapa media media untuk mensosialisasikan bahwa di Pangkep kita memiliki budaya seperti ini, jangan sampai anak-anak kita ini tidak tahu bahwa kita memiliki seperti ini.

Lanjut Bupati Yusran juga kegiatan-kegiatan mappalili ini harus kita jaga-jaga bagaimana yang pasti kegiatan-kegiatan seperti ini kita akan selalu blow-up perlihatkan bahwa ada kegiatan kami laksanakan pada saat awal musim para petani dan niatannya yaitu bagaimana caranya kita bisa menolak bala untuk bisa meningkatkan hasil dari pertanian pada khususnya kecamatan Labakkang pada malam ini.

Ditambahkan Yusran, juga kita target untuk kedepan pan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dikenal secara nasional bukan hanya di lingkungan kita saja dalam hal ini di Sulawesi Selatan saja tapi bagaimana orang-orang yang ada di luar Sulawesi ini juga mengetahui bahwa ada kegiatan budaya-budaya kita seperti ini.

Yusran menyinggung tentang pengembangan kegiatan ini bahwa ada beberapa kunjungan kunjungan peneliti ada dari luar untuk melihat kita punya budaya kita sudah siap mengembangkan sampai ke luar negeri.

Tak lupa Yusran mengingatkan bahwa kita masih punya kegiatan-kegiatan lain seperti vaksin untuk mencapai target vaksin dan lainnya.(Herman Djide)

PANGKEP SULSEL
HermanDjide

HermanDjide

Previous Article

Diklat Pengawas dan Kepsek, Kadis Pendidikan...

Next Article

Bupati Pangkep Muhammad Yusran dan Raja...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 37

Postingan Tahun ini: 1765

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 2803

Registered: May 23, 2021

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 73

Registered: Nov 8, 2021

Sarjono Achmad

Sarjono Achmad

Postingan Bulan ini: 22

Postingan Tahun ini: 54

Registered: Sep 23, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi
Bendera Tauhid Berkibar Depan Kantor DPRD Jeneponto, Aliansi Ummat Islam Demo Tolak Permendikbudristek

Follow Us

Recommended Posts

Walikota Danny Pomanto Kagumi Pekan Raya Jurnalistik UIN Makassar
Peringati Hari HAM Sedunia, Polda Sulsel Gelar Lomba Unjuk Rasa
Walikota Makassar Terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran 2022 dari Plt Gubernur Sulsel
Binda, Dinkes dan Satgas Penanganan C-19 Terus Genjot Vaksinasi Diseluruh Wilayah Kab. Barru
Polda Sulsel Gelar Lomba Unjuk Rasa, Ini Hasilnya