Sorgum Tidak Sulit Didapat, Rahmawati Mampawa Jual Sorgum di Taman Musafir Kota Pangkep

Sorgum  Tidak Sulit Didapat, Rahmawati Mampawa Jual Sorgum  di Taman Musafir Kota Pangkep
Sorgum Dijadikan Makanan Pokok, Rahmawati Manpawa Jual Sorgum di Taman Musafir Kota Pangkep

PANGKEP - Rahmawati Mampawa  SP, salah seorang penyuluh tanaman Sorgum dan dinilai sukses mengembangkan di Pangkep, kini tidak sulit lagi didapat sebab Rahmawati telah melakukan pemasaran di taman Musafir Kota Pangkep.

“Makanan Sorgum dengan segala jenis produknya dengan bahan sorgum, kini tidak sulit lagi didapatkan, bisa datang saja di taman Musafir depan Gor atau disamping Tribun, sudah dijual” ujarnya.

Rahmawati yang dikenal kreatif dalam mengembangkan tanaman sorgum ini berkata bahwa sorgum juga bisa dinikmati dalam bentuk nasi, minuman, dan lainnya, telah disediakan di tempat saya menjual.

“Sekalipun tempatnya sederhana, namun kita berharap agar sorgum ini banyak dikenal masyarakat, sebab banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan “Saya sengaja jual disini karena ingin memperkenalkan kepada masyarakat soal manfaat sorgum” paparnya.

Dia berkata bahwa tanaman sorgum mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat Pangkep atau Indonesia. Padahal tanaman ini kaya akan manfaat karbihidrat dan beragam nutrisi lainnya sehingga menjadi bahan makanan pokok kelima.

Selain manfaat gandum, padi jagung dan jelai. Tidak hanya bijinya, bahkan daun, batang, dan akar sorgum juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti tanaman obat, bahan pembuatan kertas, hingga bahan pembuatan barang kerajinan.

Sorgum juga terkenal bebas gluten sehingga dapat menjadi bahan makanan alternatif yang aman bagi orang yang alergi terhadap gluten. Selain karbohidrat sorgum juga kaya akan manfaa serat dan beragam nutrisi seperti manfaat protein, manfaat riboflain, niacin, thiamiin , manfaat magnesium, mangan, tembaga, manfaat fosfor, manfaat zat besi, kalsium, dan manfaat kalium

Dengan kekayaan nutrisi yang dimilikinya ada begitu banyak manfaat sorgum bagi kesehatan diantaranya bahan makanan pokok seperti yang telah disebutkan di atas sorgum dapat menjadi alternatif makanan pokok selain beras atau nasi yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sorgum juga terbilang kaya serat dan berbagai nutrisi sehingga bisa membantu mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh. Ini membuka peluang untuk diversifikasi pangan sehingga kita tidak terpaku pada beras saja sebagai makanan pokok.

Dia juga menjelaskan bahwa Sumber antioksidan alami, konsumsi sorgum juga dapat menjaDI sumber antioksidan  bagi tubuh sebagai bahan makanan. Dengan berbagai aktivitas antioksidan dan nutrisi pada sorgum akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari perkembangan yang abnormal yang merupakan cikal bakal terbentuknya tumor.

Kemudian juga dapat  Mencegah kanker. Selanjutnya konsumsi sorgum secara teratur dalam jumlah cukup juga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker sehingga anda terhindar dari penyakit kanker yang dikenal sangat mematikan. Selain itu juga dapat  Mengahambat perkembangan virus, Sorgum juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, kanker, atau HIV-1 karena dapat menghambat perkembangan virus di dalam tubuh.

Baik untuk pencernaan. Kandungan serat pada sorgum cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Proses pencernaan berjalan lancar sehingga sari-sari makanan dapat diserap dengan baik dan sisanya juga dapat dikeluarkan dengan lancar. Dan masih banyak manfaat lainnya. (herman djide).

SULSEL PANGKEP
HermanDjide

HermanDjide

Previous Article

Ibadah Rutin Mingguan Oleh Jemaat IKKRI...

Next Article

Lewat wisata Alam, Bhabinkamtibmas Aipda...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 36

Postingan Tahun ini: 1764

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 2802

Registered: May 23, 2021

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 73

Registered: Nov 8, 2021

Sarjono Achmad

Sarjono Achmad

Postingan Bulan ini: 22

Postingan Tahun ini: 54

Registered: Sep 23, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi
Bendera Tauhid Berkibar Depan Kantor DPRD Jeneponto, Aliansi Ummat Islam Demo Tolak Permendikbudristek

Follow Us

Recommended Posts

Polda Sulsel Gelar Lomba Unjuk Rasa, Ini Hasilnya
CV Setia Bangunan, Polsek Tanete Riaja dan Pemuda Pancasila Gelar Kegiatan Vaksinasi Covid19
Dewan Pers Surati Media Terkait Pemberitaan, Wilson Lalengke: Berhentilah Jadi Backing Penjahat
Bumdes Corawali Buka Usaha Depot Air Minum Isi Ulang, Harga 1 Galon Rp. 4500
BIN Sulsel, Dinkes dan Satgas Covid-19 Barru Genjot Vaksinasi